Kota
Pintar
 
 
 
Hadir sebagai Kota Pintar pertama di Cikarang, fasilitas dan utilitas di SAVASA dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para penghuni.
 

Rencana Induk

Kenyamanan tubuh manusia sangat bergantung terhadap suhu udara, kelembaban dan kecepatan angin di sekitarnya. Perancang Kota kami mendesain Kota Pintar SAVASA dengan banyak menitikberatkan pada penciptaan ruang hunian yang nyaman demi menjamin kesejukan dan kenyamanan maksimal para penghuni.

Desain Pasif di Tingkat Makro Kota

Banyak pemikiran yang dituangkan dalam penerapan prinsip-prinsip desain pasif seperti pertimbangan arah sinar matahari, arah angin, kendali angin dan kendali iklim mikro.

  • Arah Sinar Matahari

    Setiap bangunan dirancang menghadap Utara atau Selatan untuk menghindari terpapar sinar matahari langsung

  • Arah Angin

    Jalan cluster didesain sedemikian rupa agar dapat secara alami memberi kesejukan

  • Lintasan Angin

    Untuk memaksimalkan lintasan angin, bentangan jalan disesuaikan dengan arah hembusan angin yang utama

  • Kendali Iklim Setempat

    Iklim Setempat yang nyaman penting untuk menciptakan kualitas lingkungan hidup yang baik. Untuk mengurangi konsumsi energi, SAVASA di desain dengan mengaplikasikan konsep desain pengendalian panas matahari secara pasif

PENERAPAN DESAIN PASIF DI STRUKTUR RUMAH

Ventilasi Silang

Ventilasi Silang dapat mengurangi kebutuhan penggunaan pendingin udara secara terus-menerus dan pemakaian listrik dengan memanfaatkan sumber pendingin alami, dengan cara mengalirkan udara melintasi dalam rumah.

Prinsip Efek Tumpukan yang diterapkan di SAVASA dapat mengalirkan udara panas secara alami ke atas dan keluar melalui ventilasi udara, begitu juga dengan udara panas yang biasanya terjebak di langit-langit rumah.

PINTU GERBANG
UTAMA

Desain unik dari Gerbang Utama berfungsi menyambut penghuni dan tamu pendatang dalam balutan kenyamanan khas rumah.

JALAN BULEVAR
UTAMA

Demi memberikan keteduhan maksimal dan kenyamanan suhu bagi para penghuni, pepohonan yang rindang dan berdaun lebat dipilih untuk membentuk kanopi hijau yang dapat berperan mendinginkan udara dan berfungsi sebagai paru-paru kota. Udara panas yang berasal dari luar SAVASA akan didinginkan terlebih dahulu oleh barikade hijau tersebut sebelum masuk ke dalam.

Lanskap dan
Lingkungan Hijau Luar Ruangan

Untuk mendorong aktivitas dan interaksi sosial diantara penghuni SAVASA, jalur hijau dilengkapi dengan jalur pejalan kaki/jalur sepeda serta area hijau aktif mendonimasi pengembangan di SAVASA.
Ketika penghuni memasuki area perumahan, mereka dapat berjalan kaki atau bersepeda . Infrastruktur berkelanjutan seperti daur ulang air hujan, system pengelolaan air dari hujan deras, serta panel surya yang diletakkan di area hijau aktif.

ENERGI RAMAH LINGKUNGAN
UNTUK FASILITAS SOSIAL

Berakar dari filosofi SAVASA yaitu penghijauan berkesinambungan, fasilitas umum di SAVASA menggunakan sumber energi yang diperbaharui.

Pembangkit listrik tenaga surya terpadu

Pembangkit listrik tenaga surya terpadu digunakan untuk menyuplai listrik untuk lampu jalan serta fasilitas umum.

BIOSWALE

Sistem Bioswale terpasang di seluruh area SAVASA dapat mencegah banjir dengan menyerap air secara cepat ke dalam tanah.


Lampu Jalan LED Bertenaga Surya

Untuk meminimalisir IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan), lampu jalan bertenaga surya merupakan solusi pintar untuk efisiensi energi.

Tangki Air Bawah Tanah

Tangki air bawah tanah, sebagai pelengkap Bioswale, yang berfungsi sebagai system penampungan air hujan yang ditutupi oleh lanskap yang terdiri dari bebatuan dan semak-semak.